Cegah Jentik-Jentik Nyamuk Untuk Menjaga Kesehatan

Jentik (atau jentik-jentik) adalah tahap larva dari nyamuk. Jentik hidup di air dan memiliki perilaku mendekat atau “menggantung” pada permukaan air untuk bernafas. Nama “jentik” berasal dari gerakannya ketika bergerak di air. Ia dikenal pula dalam bahasa lokal sebagai (en)cuk atau uget-uget.
Cegah Jentik-Jentik Nyamuk Untuk Menjaga Kesehatan
Jentik menjadi sasaran dalam pengendalian populasi nyamuk yang berperan sebagai vektor penyakit menular melalui nyamuk, seperti malaria dan demam berdarah dengue.

Cegah Jentik-Jentik Nyamuk Untuk Menjaga Kesehatan



Pemberantasan jentik nyamuk adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membasmi atau memberantas telur, jentik, dan kepompong nyamuk dengan berbagai cara dengan tujuan untuk menekan laju pertumbuhan nyamuk di lingkungan. Pemberantasan naymuk juga bisa dengan menggunakan hit obat nyamuk sebagai langkah awal.

Cegah Jentik-Jentik Nyamuk

TERBEBAS DARI GIGITAN NYAMUK
TERCEGAH DARI BERBAGAI MACAM PENYAKIT YANG DITULARKAN MELALUI NYAMUK
- MENEKAN LAJU PERTUMBUHAN NYAMUK DI LINGKUNGAN
- CARA-CARA MEMBERANTAS JENTIK NYAMUK
- MENCEGAH DBD

LINGKUNGAN
Lingkungan Bersih Ialah dengan cara melakukan 3M , yaitu:
Menguras
Menutup.
3.  Mengubur
2. PLUS cara lainnya:

Lingkungan bersih dengan cara Mengganti air vas bunga dan tempat minum burung minimal seminggu sekali.
Memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar/rusak.
Menutup lubang-lubang pada potongan bambu/pohon dengan tanah dan mengeringkan air yang ada di penampungan alami seperti air diantara pelepah pisang.
Bubuhkan bubuk pembunuh jentik nyamuk (Abate) di tempat-tempat yang sulit dikuras atau di daerah yang sulit air.
Pelihara ikan pemakan jentik nyamuk seperti ikan kepala timah, ikan cupang dan ikan nila.
Memasang kawat kasa dan tidur menggunakan kelambu.
Pencahayaan dan ventilasi di dalam ruangan harus memadai karena nyamuk ini senang hinggap di kamar yang gelap.
Jangan biasakan menggantung pakaian karena nyamuk aedes aegypti senang hinggap di benda-benda yang tergantung di dalam rumah seperti gordyn, baju/pakaian dll.
Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk (bakar,oles, elektrik dll) untuk mencegah gigitan nyamuk. Aktifitas menggigit nyamuk aedes aegypty biasanya dari pagi sampai petang (siang hari) dengan puncak aktifitas antara jam 09.00-10.00 dan jam 16.00-17.00. Karena itu jika anda bepergian terutama ke tempat yang tinggi kasus DBD sebaiknya memakai celana dan baju lengan panjang dan memakai lotion anti nyamuk.
 Pengasapan/fogging dengan menggunakanmal athion danf enthion yang berguna untuk mengurangi kemungkinan penularan aides aegypti sampai batas tertentu.
Memberikan bubuk abate (temephos) pada tempat-tempat penampungan air seperti gentong air, vas bunga, kolam dan lain-lain.

LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN 3M :

Menguras dan menyikat dinding tempat penampungan air seperti bak mandi/WC, drum, penampungan air AC, Kulkas dll seminggu sekali.
Menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti gentong air/tempayan, tempat air suci/tirta, dll.
Mengubur atau menyingkirkan barang-barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, ban bekas, botol bekas, dll.
http://nyamukdemamberdarah.bitballoon.com
http://hitnyamuk.netlify.com
http://www.tropiboy.com/UserProfile/tabid/42/userId/897/language/es-ES/Default.aspx
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori kesehatan | review dengan judul Cegah Jentik-Jentik Nyamuk Untuk Menjaga Kesehatan. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : SEO Bantal Ungu
Ditulis oleh: pokus -

1 Komentar untuk "Cegah Jentik-Jentik Nyamuk Untuk Menjaga Kesehatan"

  1. Terimakasih , sangat bermanfaat

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    BalasHapus